Tips Merawat Anggrek Bulan

AAORCHID — Popularitas angrek bulan sudah tidak diragukan lagi, orang awam juga sudah sering melihat anggrek yang satu ini. Hiasan di ruang tunggu kantor, lobi hotel , hiasan rumah dan, tempat-tempat lain kerap dijumpai jenis anggrek bulan. Warna dan bentuk bunga dari anggrek bulan yang menawan memberikan pesona dan daya tarik para penggemar tanaman hias. Dari segi harga anggrek bulan merupakan anggrek yang cukup terjangkau harganya.Tidak heran jika anggrek bulan dinobatkan sebagai Puspa Pesona Nusantara. Satu hal lagi anggrek bulan termasuk mudah dalam perawatannya, nah bagaimana merawat anggrek bulan ini? Tulisan ini akan memberikan Tips merawat Anggrek Bulan.

Banyak pertanyaan dan keluhan dari penggemar anggrek pemula, setiap membeli anggrek bulan dalam keadaan berbunga tetapi setelah bunga rontok anggrek tidak mau berbunga lagi bahkan mati. Nah kita akan fokus pada merawat Anggrek bulan yang sudah dewasa ini. Berikut ini Tips merawat anggrek bulan agar rajin berbunga:

1. Penempatan Anggrek Bulan
Pertama kali yang penting difahami dari karakter anggrek bulan ini adalah masalah kebutuhan sinar matahari. Anggrek bulan termasuk anggrek yang tidak tahan panas dan hujan. Jika terlalu banyak kena panas apalagi sinar matahari terik langsung membuat daun anggrek bulan gosong bahkan menjadi mati. Air hujan yang berlebihan membuat media tanam anggrek bulan menjadi terlalu lembab membuat anggrek bulan busuk dan mati. Maka posisi ideal penempatan anggrek bulan adalah di tempat terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan.

merawat anggrek bulan
Anggrek Bulan Ditempel Pada Media Pakis

2. Media Tanam anggrek Bulan
Di habitat aslinya tanaman anggrek bulan menempel pada batang pohon. Maka media tanam yang paling bagus dari anggrek bulan adalah ditempelkan pada pohon. Dengan ditempel di pohon, anggrek cukup terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Media pohon tidak menyimpan air, sehingga meskipun kehujanan bisa langsung kering.
Jika tidak memungkinkan di tanam menempel dipohon bisa ditempelkan pada media pakis. Akar pakis yang porous membuat air tidak tersimpan pada media, akar anggrek bulan juga bisa bebas merambat. Dengan ditempel media pakis ini angrek bulan aman dari busuk.

Kita sering menjumpai anggrek bulan ditanam pada pot, ini tidak mengapa. Dengan catatan kita harus bisa mengontrol betul media dalam pot jangan sampai terlalu basah dan becek. Media bisa menggunakan akar pakis cacah, sabut kelapa, mos atau arang. Masing -masing memiliki karaker sendiri-sendiri.

3. Perawatan Rutin Anggrek Bulan
Perawatan rutin angrek bulan meliputi penyiraman, pemupukan dan penggantian media jika diperlukan. Frekuensi penyiraman sangat relatif tergantung situasi dan media yang dipakai. Apakah anggrek bulan butuh penyiraman atau tidak bisa dilihat medianya. Asal sudah lembab tidak perlu disiram. Pada musim kemarau frekuensi penyiraman bisa sehari sekali atau sehari dua kali. Pada media pot mungkin bisa sehari sekali, jika ditempel pada pakis bisa sehari dua kali.

Pemupukan angrek bulan bisa melalui penyemprotan pada akar,batang dan daun. Pupuk yang digunakan untuk angrek dewasa bisa dipakai pupuk seimbang antara N:P:K atau kalau sudah bunga bisa dengan P dan K tinggi. Untuk pertumbuhan pupuk yang dipakai adalah dengan kadar N tinggi. Bersamaan dengan pemupukan bisa diberikan insectisida dan fungisida. waktu penyemprotan antara jam 07.00 sampai 10.00. Jika sore hari jam 16.00-17.30. Pada jam tersebut stomata anggrek terbuka sehingga pemupukan menjadi lebih efektif.

Pemupukan lain bisa dengan pupuk Slow Respon Dekastar yang bentuknya seperti merica. Pupuk ini bisa ditaburkan pada media (pot). Saat penyiraman pupuk ini secara perlahan akan menguap dan disera tanaman anggrek.

4. Penggantian Media Anggrek Bulan
Penggantian media perlu dilakukan secara periodik apabila media sudah cukup lapuk, cukup asam dan akar mati sudah berlebihan pada media.Pada penggantian media ini dilakukan juga pembersihan akar-akar mati. Cuci bersih dan berikan fungisida selanjutnya pindahkan pada media yang baru.

Nah itulah secara singkat tips merawat anggrek bulan agar tetap rajin berbunga dan menyenangkan hati kita. Mudah bukan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *