Prosedur Menanam Anggrek

AAORCHID — Banyak pertanyaan bagimana cara menanam anggrek yang benar, bagaimana agar anggrek tumbuh subur, bagaimana agar anggrek rajin berbunga. Anggrek akan subur dan berbunga dengan rajin jika ia tumbuh dengan baik dan terpenuhi sega kebutuhannya, nyaman dengan lingkungannya. Kunci pertama adalah bagaimana cara penanaman anggrek, apakah sudah benar atau belum. Jangankan bisa berbunga rajin, hidup dengan baik saja mungkin sulit jika penamanaman anggrek salah. Yang selanjutnya adalah pada pemilihan media tanam anggrek, pemilihan media tanam yang tepat akan mempengaruhi pertumbuhan anggrek. Setelah itu perawatan rajin dan tidak lupa berdoa.

Cara Menanam Anggrek
Cara Menanam Anggrek

Kita akan mulai saja dengan bagaimana prosedur menanam anggrek yang baik dan benar. Tentunya media tanam anggrek yang dipilih bukan tanah ya kecuali memang anggrek yang di tanam adalah anggrek tanah. Kebanyakan anggrek adalah tanaman epifit yang menempel pada pohon. Kali ini kita akan lebih fokus pada menanam anggrek pada pot. Berikut prosedur menanam anggrek yang benar:

1. Tanamlah Anggrek Dengan Akar bawaan terlihat
Biasanya kalau kita membeli anggrek melalui online, media dan pot tidak akan diikutkan karena itu langkah menanam anggrek ini penting dicermati bagi pemula. Bisa juga jika anda punya tanaman anggrek yang akan dipindah pot, langkah menanam anggrek ini juga penting.

Biasakan dalam menanam anggrek ini menutupi sebagian akar dengan media dan sebagian akar yang lain terlihat oleh mata kita. Hal ini penting dilakukan karena akar baru akan tumbuh dari bagian atas akar yang lama, jika semua akar tertimbun maka akar baru akan sulit untuk tumbuh. Akar baru ini masih sangat lemah, jika terkena media akan rusak dan tidak jadi tumbuh. Bila akar baru tidak mau tumbuh, tanaman akan mengambil cadangan makanan yang tersimpan pada bulb, lama-lama akan habis dan tanaman mati. Jika tidak muncul keiki regenerasi tanaman anggrek akan berakhir.

2. Jangan Menanam sampai Batang
Kadang-kadang penghobi anggrek menanam tanaman anggrek sampai bagian batang (dendrobium dan anggrek yang memiliki bulb) agar tanaman kokoh. Ini adalah cara salah, karena bulb yang terkena air dan tertimbun media menjadi terlalu lembab dan mudah terserang jamur. Jangankan sampai batang, akar tidak terlihat saja sudah membuat tanaman anggrek sulit berkembang.

Jika ingin anggrek kuat tidak mudah roboh pada awal penanaman, gunakan kawat penyangga yang dipasang pada pot, sehingga anggrek bisa tumbuh tegak berdiri.

Nah itulah tips sederhana prosedur menanam anggrek yang benar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *