Mengoptimalkan Pertumbuhan Anggrek Bulan

AAORCHID — Anggrek bulan merupakan salah satu anggrek yang populer dan memiliki pengemar yang sangat banyak. Anggrek bulan atau Phalaenopsis ini sendiri memiliki beragam corak warna dan bentuk bunga, dari yang spesies dan hibrida. Anggrek bulan hibrida mungkin lebih mudah ditemukan di pasaran ,rumah-rumah penduduk, hiasan kantor dan tempat-tempat lain. Teknologi telah memungkinkan perkembangan jenis Anggrek bulan hibrida ini dengan warna dan corak bunga sangat beragam.
Karakter bunga yang indah dan tahan lama menjadi pendorong pembeli memilih anggrek bulan sebagai tanaman koleksinya. Namun sayang masih ada keluhan beberapa penggemar anggrek yang mengatakan sulitnya merawat anggrek bulan ini. Namun sebenarnya asal terpenuhi kebutuhan hidupnya, anggrek bulan tetap bisa tumbuh dengan baik di luar green house atau nursery anggrek.

Anggrek Bulan

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan anggrek bulan, ada perlakuan yang sedikit berbeda dalam merawat anggrek bulan ini. Biasanya perlakuan berbeda ini diterapkan oleh nursery besar, namun tidak ada salahnya penghobi anggrek rumahan memperhatikan ini. Anggrek bulan dalam pertumbuhannya bisa dibagi dalam dua fase pertumbuhan yaitu fase vegetatif dann fase pembungaan. Masing-masing fase ini memerlukan perlakuan sedikit berbeda untuk menghasilkan bunga dengan jumlah kuntum yang banyak.

  1. Fase Vegetatif Angrek Bulan
    Pada fase ini yang diperlukan adalah mengoptimalkan pertumbuhan daun dan tanaman. Pupuk yang diberikan adalah pupuk dengan kadar N tinggi.
  • Idealnya dalam fase vegetatif ini Anggrek bulan dirawat pada lingkngan dengan suhu 28 C atau lebih. Hal ini diperlukan untuk menghindari pembungaan yg belum matang. Jika pembungaan belum matang terjadi hasilnya tidak akan bagus, sehingga untuk mendapatkan bunga anggrek bulan premium akan sulit diperoleh.
  • Anggrek bulan yang ditanam pada Suhu tinggi juga mendorong pertumbuhan daun yang lebih cepat.
  • 2.Flowering Phase
    Setelah tanaman anggrek bulan cukup usia dan ukurannya, saatnya memasuki fase pembungaan (Flowering Phase).
  • Pada fase pembungaan ini Phalaenopsis dapat diinduksi berbunga secara serentak dengan memberikan suhu lebih rendah dari lingkungan sebelumnya.
  • Suhu lingkungan yang baik untuk pembungaan anggrek bulan adalah dibawah 26 C sepanjang hari,pada umumnya suhu yang diterapkan adalah 25 C/ 20 C untuk siang /malam
  • Flower bud (perangsang tunas ) diberikan setelah spike mencapai 5 cm jika kondisi lingkungan mendukung dibawah 28 C
    -Jika suhu terlalu panas maka yang muncul pada calon tangkai bunga adalah keki ( anakan anggrek bulan).
    Pada lingkungan rumah , mungkin pembedaan perawatan ini cukup sulit namun,kita bisa mensiasati dengan rekayasa lingkungan.Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *