Pupuk Air Kelapa Agar Anggrek Rajin Berbunga

AAORCHID — Ada berbagai macam bahan alami yag bisa digunakan sebagai pupuk tanaman anggrek kesayangan kita. Salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pupuk tanaman angrek adalah air kelapa. Air kelapa yang biasanya dibuang sebagai limbah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk anggrek. Pemberian pupuk air kelapa pada anggrek dan juga tanaman lain dipercaya bisa membuat tanaman rajin berbunga dan meningkatkan produktifitas. Aplikasi pupuk air kelapa bisa diolah menjadi pupuk organik cair maupun bisa langsung diaplikasikan.

Air Kelapa Bisa Jadi Pupuk Anggrek
Air Kelapa Bisa Jadi Pupuk Anggrek

Mengapa Air Kelapa Bisa Untuk Pupuk Anggrek ?

Berdasarkan penelitian air kelapa memiliki berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan oleh tanaman anggrek. Selain nutrisi air kelapa memiliki kandungan hormon yang baik untuk tanaman yaitu hormon auksin dan sitokinin. Hormon inilah yang memiliki peranan penting dalam dalam pertumbuhan dan pembungaan tanaman. Sitokinin mempunyai kemampuan mendorong terjadinya pembelahan sel dan diferensiasi jaringan tertentu dalam pembentukan tunas pucuk dan pertumbuhan akar.

Air kelapa sebagai cadangan makanan yang mengandung vitamin dan zat tumbuh, sehingga dapat menstimulir perkecambahan. Air kelapa mengandung zat atau bahan seperti: vitamin, asam amino, asam nukleat fosfor, dan zat tumbuh auksin dan asam giberelat.

Zat-zat tersebut berfungsi sebagai penstimulir dalam proliferasi jaringan, memperlancar metabolisme dan respirasi. Oleh karena itu air kelapa mempunyai kemampuan besar untuk mendorong pembelahan sel dan proses deferensiasi. Konsentrasi optimum air kelapa yang diberikan 15% (Tulecke et al, 1960).

Kandungan mineral itu merupakan hormon-hormon pertumbuhan yang sangat dibutuhkan tanaman. Caranya penggunaan air kelapa sebagai pupuk tanaman cukup sederhana. Semprotkan air kelapa pada daun dan siramkan pada akar tanaman 1-2 kali seminggu. Cara ini akan memacu pertumbuhan akar, daun dan bunga. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis.

Lebih penting lagi, karena pupuk air kelapa ini terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk diaplikasikan pada tanaman. Cara penggunaannya cukup disemprotkan pada bagian daun ,batang dan akar seminggu 2 kali.

Membuat Pupuk Anggrek Dengan Air Kelapa

Selain bisa diaplikasikan secara langsung untuk pemupukan , air kelapa bisa diolah menjadi Pupuk Organik Cair. Tujuannya agar pupuk air kelapa ini lebih diap untuk diserap oleh tanaman. Pada pembuatan pupuk air kelapa ini ditambahkan juga air cucian beras agar pupuk organik air kelapa memiliki kandungan vitamin B1. Berikut cara membuat pupuk organik dengan air kelapa :

Bahan-Bahan Pupuk Air Kelapa
1. Air kelapa 1 liter
2. Air cucian beras pertama kali 1 liter
3. EM4 sebanyak 2 sendok makan
4. Molase atau tetes tebu sebanyak 5 tutup botol air mineral

Bisa diganti larutan gula pasir/merah yang dilarutkan air (Air 250 ml + gula pasir / gula merah 100gram)
5. Air Bersih
6. Jerigen ukuran 5 liter.

Proses Pembuatan Pupuk Air Kelapa

Posisi Jerigen Pupuk Air Kelapa
Posisi Jerigen Pupuk Air Kelapa

Cara membuat pupuk air kelapa cukup mudah, masukkan sebua bahan-bahan tersebut di dalam jerigen. Tambahkan air bersih sampai batas pegangan tangan pada jerigen, jangan terlalu penuh agar ada ruang untuk gas dan udara. Tutup jerigen selama satu minggu, bisa juga tutup jerigen diberikan lupang dengan selang kecil. Ujung selang yang satu masukkan ke dalam botol air mineral yang diisi air sampai masuk air. Selang berguna untuk membuang gas, jika tidak diberikan selang sehari sekali tutup jerigen dibuka untuk membuang gas.  Nah setelah satu minggu pupuk dari air kelapa siap diaplikasikan pada tanaman anggrek.

Penggunaan pupuk organik dari air kelapa ini disemprotkan pada daun,batang dan akar dengan takaran 2 tutup jerigen pupuk air kelapa dicampurkan air bersih 2 liter. Semprotkan pada tanaman anggrek sebanyak 2 kali dalam seminggu. Selanjutnya berdoa, semoga anggreknya ginuk-ginuk dan rajin berbunga indah. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *