Mencegah Stress Anggrek Dengan Vitamin B1

AAORCHID –– Bagi anda yang suka belanja tanaman anggrek online sering mendapati tanaman layu dan stress karena proses pengiriman. Ya, tanaman seperti manusia dan hewan bisa mengalami stress jika ada perubahan-perubahan lingkungannya. Perubahan lingkungan itu misalnya pengiriman baik pakai media atau tidak, pindah pot, tanaman sakit, pindah tempat dan lain sebagainya. Nah satu manfaat vitamin B1 adalah mencegah stress pada tanaman anggrek dan tanaman jenis lainnya.

pupuk dan vitamin anggrek
Vitamin B1 Bisa Mencegah Stress Tanaman Anggrek

 

Manfaat Vitamin B1 Untuk Bunga Anggrek

Mengapa Vitamin B1 bisa mencegah Stress tanaman angrek? Vitamin B1 mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman yang akan mengkonversikan karbohidrat menjadi energi , sebagai penggerakkan aktivitas tanaman. Pada vitamin b1 terkandung tiamina  yang sangat berperan dalam mengatasi stress tanaman. Pada tanaman yang sedang stress karena faktor-faktor di atas perlu segera melakukan recoveri dengan cepat agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Karena itu jika kita akan memindahkan tanaman anggrek pada pot baru atau ganti media kita perlu memberikan asupan vitamin B1 yang cukup. Vitamin B1 juga memiliki peranan di dalam pembentukan tunas baru, akar baru dan merangsang pembungaan pada anggrek dewasa. Tanaman anggrek yang mendapatkan asupan vitamin B1 yang cukup lebih tahan terhadap serangan penyakit. Kombinasi lain dari pemberian vitamin B1 adalah memberikan fish emulsion pada tanaman anggrek yang juga merangsang pertumbuhan tunas baru.

Sumber Vitamin B1 Untuk Tanaman Anggrek

Vitamin B1 untuk tanaman angrek bisa diperoleh melalui vitamin kemasan pabrik siap diaplikasikan. Ada berbagai merek vitamin B1 untuk tanaman anggrek silahkan dipilih sesuai selera. Namun ada juga sumber Vitamin B1 alami yang diperoleh dari limbah air cucian beras. Aplikasi air cucian beras untuk sumber vitamin B1 pada tanaman anggrek bisa disiramkan langsung di batang, akar dan daun anggrek secara langsung. Namun bisa juga difermentasi terlebih dahulu dengan bantuan bakteri starter.

Pemberian Vitamin B1 untuk anggrek dengan air cucian beras ini bisa dilakukan setiap hari seperti menyiram saat kering tanpa khawatir overdosis. Hanya saja perlu diperhatikan kelembaban media jangan sampai memicu jamur. Sedangkan vitamin B1 pabrikan dalam jumkah yang terlalu banyak membuat overdosis.

Beberapa penghobi juga mengaplikasikan vitamin B1 tablet yang biasa dipakai manusia. Caranya adalah dengan melarutkan 2 tablet vitamin B1 dengan satu liter air kemudian disemprotkan atau disiramkan pada tanaman anggrek.
Seperti halnya vitamin B1 yang bisa mengatasi stress tanaman anggrek dan mempercepat pertumbuhan tanaman, fish emulsion bisa juga diperoleh dari bahan alami. Bahan Alami fish emulsion adalah dari air bekas cucian ikan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kotoran ikut terbawa.

Nah itulah beberapa manfaat dari Vitamin B1 untuk tanaman anggrek, selain bisa mengatasi stress tanaman anggrek, bisa membuat anggrek tumbuh subur dengan munculnya tunas dan akar-akar baru secara lebih cepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *