Cara Mudah Memperbanyak Anggrek Dendrobium

AAORCHID — Banyak pertanyaan dari para penghobi tanaman hias bunga anggrek tentang bagaimana cara memperbanyak bunga anggrek. Memperbanyak tanaman bunga angrek memang sedikit berbeda dengan tanaman hias jenis lain. Namun ada jenis anggrek yang bisa dengan mudah kita perbanyak tanpa teknologi canggih dan rumit. Salah satu angrek yang mudah diperbanyak adalah Angrek Dendrobium, yaitu dengan cara perbanyakan vegetatif. Tips sederhana dalam memperbanyak Anggrek Dendrobium ini adalah dengan memanfaatkan batang anggrek (pseudobulb) yang sudah tidak berdaun.

Anggrek Dendrobium

Kita sering melihat anggrek dendrobium yang sudah selesai berbunga, kemudian perlahan-lahan daun mulai rontok sampai tidak berdaun. Para anggreker sering bingung mau diapakan batang-batang tidak berdaun tersebut. Ada yang dibiarkan sampai nanti kering , dipotong terus dibuang dan lain sebagainya. Tahukah anda bahwa batang-batang mati anggrek dendrobium itu bisa menghasilkan anakan anggrek yang sama persis induknya? sebaiknya batang anggrek dendrobium ini jangan dibuang tetapi diperbanyak jadi anakan anggrek.

Cara Memperbanyak Anggrek Dendrobium Dari Batang

batang-dendrobium
Batang Dendrobium Yang Bisa Diperbanyak

Jika dibiarkan begitu saja kadang dari ujung batang dendrobium akan muncul anakan , lama-lama muncul akar dan bisa dipisah dari indukannya. Namun ada cara lain yang lebih efektif menurut saya. Caranya adalah batang anggrek dendrobium yang sudah tidak berdaun dipotong pada bagian pangkal batang. Selanjutnya ikat bagian bagian pangkal batang tersebut dengan tali, gantungkan batang tersebut secara terbalik di tempat yang teduh dan sejuk. Jangan lupa siram dengan air jika kondisi lingkungan panas dan kurang lembab. Tunggu beberapa minggu akan muncul tunas pada ujung batang anggrek dendrobium tersebut.

Selanjutnya setelah tumbuh tunas dan akar juga mulai tumbuh, bisa dipindahkan ke dalam pot, ditempel pada kayu, akar pakis dan lain sebagainya. Untuk mempercepat tumbuhnya tunas pada bagian buku-buku batang bisa dioleskan zat perangsang tumbuh tunas yang bisa dibeli di toko-toko anggrek.

tunas-anggrek-Dendrobium
Tunas Anggrek Dendrobium Mulai Tumbuh

Sebenarnya cara memperbanyak anggrek dendrobium dari bataang ini tidak harus diikat, yang penting posisikan batang anggrek dendrobium ini pada posisi terbalik dan jangan berubah-ubah posisinya. Dengan dibalik ini konsentrasi cadangan makanan dan energi akan terpusat pada ujung batang sehingga akan muncul tunas. Nah mudah kan cara memperbanyak anggrek dendrobium..? sayang kan daripada dibuang batang-batang anggrek dendronya, bisa diperbanyak dan menambah koleksi.Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *