Tips Membuat Bunga Anggrek Awet Tahan Lama

AAORCHID — Ketika merawat bunga anggrek di rumah ,kebanyakan kita berharap bunga anggrek bisa berbunga dalam waktu yang lama. Kalau bisa anggrek selalu dalam kondisi berbunga setiap saat. Meskipun bunga anggrek merupakan tanaman yang dikenal memiliki bunga yang tahan lama, namun ada masanya mereka istirahat dari berbunga dan menyiapkan energi untuk bunga berikutnya.

Kebanyakan orang membeli anggrek yang sudah berbunga dan setelah itu kurang perawatan dan akhirnya mati. Membuat bunga anggrek tetap awet atau mengoptimalkan waktu berbunga yang maksimal bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana.


Lama bunga anggrek mekar biasanya bervariasi tergantung jenis anggrek, lingkungan kondisi tanaman dan nutrisi yang diserap anggrek. Anggrek dari jenis bulan atau Phalaenopsis memiliki durasi berbunga yang cukup lama sekitar 2 sampai 4 bulan. Dalam satu tahun biasanya bisa berbunga 2 kali diselingi masa dorman (istirahat).

Phalaenopsis salah satu Jenis Bunga Anggrek yang Tahan Lama


Anggrek dendrobium dan oncidium berbunga kurang lebih satu 1 -2 bulan sebelum mereka rontok bunganya. Anggrek Cattleya biasanya lebih pendek masa berbunganya, 1 minggu sampai 1 bulan. Lama berbunga tersebut masih bisa dilihat detail lagi jenis anggreknya. Misalnya anggrek bulan hibrid dan spesies memiliki perbedaan lama masa berbunga. Anggrek hibrid biasanya lebih awet bunganya dan lebih rajin berbunga dibandingkan anggrek spesies. Hal itu karena anggrek hibrida sudah dilakukan pemuliaan sehingga sifat-sifat unggul tanaman muncul. Anggrek hibrid yang kurang unggul biasanya tidak dilepas di pasaran.

Bagaimana Membuat Bunga Anggrek Awet ?
Kita tidka bisa memaksa anggrek untuk berbunga terus menerus, yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan pertumbuhan dan menciptakan lingkungan yang ideal dan nyaman bagi anggrek agar rajin berbunga dan awet sesuai lama berbunga yang optimal.Berikut ini yang bisa dilakukan agar bunga anggrek tetap awet :

  1. Penyiraman yang tepat
    Meski anggrek tahan dalam situasi yang panas dan kurang air , namun terlambat memberikan air akan menghambat pertumbuhan saat angrek dalam masa pertumbuhan. Pada saat anggrek berbunga, bunga anggrek cenderung cepat layu dan rontok saat kekurangan air. Sebaliknya kelebihan air akan membuat akar tanaman busuk, apalagi jika air tidak cepat terbuang. Kondisi ideal adalah media lembab namun tidak basah.Bisa kita raba dengan jari tangan, media tidak tergenang namun bisa dirasakan dingin.
  2. Jaga Temperatur ideal untuk anggrek
    Masing-masing jenis anggrek memiliki kebutuhan temperatur ruangan yang berbeda-beda. Anggrek bulan cenderung suka temperatur yang agak sejuk, namun tidak dingin seperti ruangan ber AC. Sedangkan jenis Dendrobium lebih suka ruangan yang lebih panas, meski tahan terhadap full Sun, namun sebaiknya tetap ternaungi dan cenderung sejuk.
  3. Jaga Sirkulasi Udara yang baik
    Sirkulasi udara memegang peran penting dalam menentukan keawetan bunga anggrek. Angin sepoi-sepoi menjaga asupan udara yang cukup dan meminimalkan tanaman terserang penyakit. Sirkulasi udara yang buruk memudahkan jamur dan bakteri untuk tumbuh dan berkembang.
  4. Jaga dari Serangan Serangga Dan Lalat Buah
    Serangga dan lalat buah biasanya hinggap pada bunga kuncup sampai bunga mekar. Cegah serangga dan lalat buah hinggap di bunga anggrek, jika masih kuncup bisa disemprotkan insektisida, namun pada saat bunga sudah mekar, penyemprotan fungisida dan insektisida pada bunga justru akan menyebabkan kerusakan bunga.
  5. Bunga jangan Terkena air
    Bunga anggrek menjadi cepat layu dan rontok jika sering terkena air hujan atau air siraman.Sehingga agar awet bunga anggrek perlu diusahakan sesedikit mungkin terkena air.
  6. Jaga Kondisi Tanaman Dalam kondisi Prima
    Menjaga tanaman anggrek dalam kondisi prima bisa dari mulai sebelum bunga, dengan memberikan pemupukan secara teratur pada masa pertumbuhan, pemupukan bunga menjelang berbunga akan menjamin cadangan makanan yang cukup selama anggrek berbunga. Pemberian Vitamin B1 selama berbunga akan membuat tanaman lebih prima dan bunga menjadi lebih awet.
    Bunga anggrek memang tidak bisa dituntut untuk berbunga terus menerus, namun dengan perawatan yang baik dan penuh perhatian akan memberikan bunga yang tahan lama dan menyenangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *