Ini Kunci Anggrek Cepat Berbunga

AAORCHID –– Pertanyaan yang sering terlontar di kalangan pecinta Anggrek adalah bagaimana agar tanaman anggrek cepat berbunga ? Apakah anggrek bisa dipacu agar cepat berbunga ? pertanyaan yang wajar saja. Namun ada hal mendasar yang penting difahami agar anggrek cepat berbunga, yaitu kesiapan anggrek itu sendiri untuk berbunga. Kalau anggrek itu secara fisik dan biologis siap berbunga tentu akan berbunga pada waktunya. Memang ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memacu anggrek cepat berbunga.

Untuk beberapa anggrek spesies akan mengeluarkan bunga pada musim-musim tertentu, ini mungkin agak sulit untuk memacu pertumbuhan bunga anggrek di luar musim. Meskipun setelah dibudidayakan bisa saja dibuat demikian.

Faktor Yang Membuat Anggrek Cepat Berbunga

Ada beberapa faktor yang membuat anggrek bisa cepat berbunga. Kalau faktor-faktor tersebut dipenuhi maka anggrek akan bisa berbunga dengan cepat dan berjumlah banyak. Yang bisa dilakukan oleh penghobi anggrek adalah membuat faktor-faktor pemicu anggrek cepat berbunga tersebut terpenuhi. Berikut beberapa yang membuat anggrek cepat berbunga:
1. Faktor Lingkungan Yang Cocok
Faktor lingkungan yang cocok dibuat sedemikian rupa menyerupai kebutuhan alami anggrek. Misalnya saja media tanam anggrek, pilih media tanam anggrek yang paling cocok dengan jenis anggreknya. Pemilihan media tanam anggrek nanti juga berpengaruh pada cara menyiram anggrek.

Penempatan anggrek juga akan mempengaruhi kenyamanan tanaman itu sendiri, sehingga kalau sudah nyaman akan mengeluarkan bunga. Pertimbangkan juga sinar matahari yang masuk, sesuaikan dengan karakter dan jenis anggrek. Kebutuhan sinar matahari untuk anggrek bervariasi, misalnya anggrek bulan akan optimal pada tempat yang ada naungan. Kelembapan udara juga harus dibuat ideal untuk angrek berkisar 50-70 %. Setelah lingkungan cocok untuk anggrek jangan dipindah-pindah sehingga anggrek nyaman di tempat tersebut.

2. Penyiraman Anggrek
Seringkali orang bertanya berapa kali sebaiknya anggrek disiram? Ada yang bilang anggrek disiram sehari sekali, ada yang sehari dua kali dan sebagainya. Sebenarnya frekuensi penyiraman anggrek sangat tergantung pada kondisi lingkungan, media tanam dan hal lain. Di daerah panas dan daerah banyak hujan pasti berbeda frekuensi penyiramannya. Anggrek di tanam di tempat ternaung dengan terkena hujan pasti berbeda frekuensi menyiramnya. Frekuensi anggrek di tanam dengan media mos berbeda dengan media arang atau pakis.

Lakukan penyiraman anggrek jika dirasa media sudah kering dan tidak lembab. Ekstrimnya meskipun seminggu anda tidak menyiram anggrek, kalau media masih lembab anda tidak perlu menyiramnya. Meskipun pagi sudah disiram, kalau sore sudah kering kerontang maka anggrek perlu disiram.

Intinya kita harus memahami anggrek kesayangan kita sudah butuh air untuk kelangsungan hidupnya atau belum. Kalau kebutuhan air ini terpenuhi dan tercukupi maka satu faktor anggrek untuk cepat berbunga sudah terpenuhi. Kalau kurang air tentu sulit untuk berbunga.

3. Memberikan Pupuk
Pupuk anggrek yang diberikan juga harus sesuai dengan usia dan kebutuhan anggrek sendiri. Anggrek yang secara fisik sudah siap berbunga atau dewasa , pemberian pupuk dengan kadar P tinggi akan memacu anggrek cepat berbunga. Jika diberikan pupuk N tinggi maka yang dipacu justru pertumbuhannya dan menjadi tidak efektif. Pupuk yang digunakan untuk anggrek bisa bermacam-macam, ada pupuk organik, pupuk kimia sampai pupuk anggrek buatan sendiri.

4. Pemberian Tambahan Hormon
Hormon dibutuhkan oleh tanaman termasuk angrek dalam jumlah sedikit namun cukup penting. Pemberian ZPT atau Hormon bisa membuat anggrek rajin berbunga . Untuk memacu pembungaan anggrek hormon yang diperlukan adalah Giberelin. Hormon ini bisa diperoleh dari toko pertanian atau bisa juga digunakan air kelapa dengan konsentrasi 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter). Detail membuat pupuk angrek dengan air kelapa bisa dilihat di tulisan Pupuk Air Kelapa Agar Anggrek Rajin Berbunga.

Jika semua kebutuhan anggrek sudah terpenuhi maka anggrek akan tumbuh dengan subur dan optimal sehingga siap untuk muncul bunga yang indah dan menawan. Namun semua butuh perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya.Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *