Kenali Jenis-Jenis Anggrek

AAORCHID — Salah satu bunga yang memiliki jenis yang paling banyak mungkin adalah tanaman Anggrek. Ya, ada ribuan jenis anggrek dengan bunga yang indah bisa ditemukan diberbagai belahan dunia dan Indonesia. Secara umum anggrek sendiri terdiri atas dua jenis yaitu anggrek Spesies atau spesi dan anggrek hibrid. Anggrek spesies merupakan anggrek asli yang ditemukan di hutan-hutan tanpa campur tangan manusia. Sedangkan anggrek hibrid merupakan anggrek hasil rekayasa manusia dengan menyilangkan indukan anggrek jenis spesi ataupun sesama angrek hibrid.

Tujuan manusia menyilangkan anggrek ini adalah untuk menghasilkan keturunan anggrek yang sesuai dengan harapan atau mendapatkan hasil unggul. Misalnya bunga lebar warna cerah, bunga tahan lama, rajin berbunga dan lain sebagainya.

Selain itu penggolongan jenis anggrek juga bisa didasarkan pada pola pertumbuhan tanaman anggrek tersebut. Berdasarkan pola pertumbuhan tanaman anggrek , jenis anggrek dibagi menjadi anggrel Simpodial dan Anggrek Monopodial. Anggrek simpodial adalah anggrek yang tidak mempunyai batang utama. Bunganya muncul dari ujung batang dan berbunga lagi pada tunas berikutnya. Sedangkan anggrek Monopodial adalah jenis anggrek yang pertumbuhan batangnya tunggal yaitu lurus ke atas pada satu batang saja. Bunganya muncul dari sisi batang diantara dua ketiak daun.
Contoh Angrek Simpodial adalah Dendrobium, Cattleya, Oncidium, dan Cymbidium. Sedangkan contoh jenis anggrek Monopodial adalah Arachnis, Phalaenopsis, Aerides, Vanda, dan Renathera.

Jenis-jenis Tanaman Anggrek

Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai macam jenis anggrek dan berbagai karakteristiknya :
1. Anggrek Dendrobium

Anggrek-dendrobium
Anggrek Jenis dendrobium

Anggrek Dendrobium termasuk anggrek simpodial  dan memiliki batang semu (pseudo bulb) yang tumbuh secara terbatas. Dari batang tersebut selain muncul daun juga akan muncul bunga. Setelah bunga dan daun habis, pseudo bulb tersebut bisa tumbuh bunga atau anakan (keki) sehingga bisa dipergunakan untuk perbanyakan vegetatif. Anggrek dendrobium cukup populer dan memiliki karakter tahan panas bahkan ada beberapa jenis yang bisa hidup dalam kondisi full sun.

2. Anggrek Bulan/Phalaenopsis

Phalaenopsis Amabilis

Anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang sangat populer termasuk dalam jenis anggrek monopodial. Batang utama akan tumbuh terus ke atas sampai tidak terbatas. Perbanyakan bisa melalui biji atau keki (anakan) yang muncul pada sela-sela batang utama. Namun perbanyakan masal adalah melalui biji. Anggrek bulan ini terdiri atas bulan spesies dan hybrid yang jumlahnya sangat banyak. Anggrel bulan putih atau Phalaenopsis Amabilis merupakan jenis anggrek bulan spesies yang sagat terkenal.

3. Anggrek vanda

Anggrek Vanda
Anggrek Vanda

Anggrek vanda merupakan anggrek monopodial yang banyak hidup di batang pohon. Anggrek ini cukup unik karena bisa hidup dengan media udara saja. Anggrek vanda cukup digantung pada pot keranjang tanpa media apapun,akarnya menjuntai menambah keindahan bunga anggrek. Anggrek Vanda suka dengan tempat yang semilir, lembab dan relatif tahan terhadap panas. Pertumbuhan anggrek vanda termasuk lama, sehingga para penghobi harus bersabar.

4. Anggrek Oncidium
5. Anggrek Cattelya
6. Anggrek Grammatophyllum
7. Anggrek Coelogyne

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *