Mengenal Anggrek Vanda Tricolor

AAORCHID — Bunga anggrek vanda tricolor banyak ditemukan di wilayah Pulau Jawa, Bali,Lombok, Sumbawa, hingga ke Laos. Angrek Vanda Tricolor banyak tumbuh liar di wilayah-wilayah tersebut atau tumbuh di pekarangan rumah penduduk . Karena tumbuh dan banyak dijumpai di banyak daerah maka tidak tepat jika vanda tricolor merupakan tanaman endemik daerah tertentu.

Bagi kalangan umum tidak disadari bahwa anggrek vanda tricolor merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang patut dilestarikan. Seiring dengan berkurangnya kawasan hutan berkurang pula populasi dari Anggrek vanda tricolor ini. Meskipun saat ini masih cukup mudah untuk mendapatkan anggrek vanda tricolor. Di kalangan pecinta anggrek vanda tricolor menjadi tanaman koleksi yang menghias kebun penghobi.

Vanda Tricolor
Vanda Tricolor

Di Yogyakarta Anggrek vanda tricolor banyak hidup di lereng gunung merapi, yang keberadaannya sempat terancam saat erupsi terjadi pada tahun 2010. Namun keberadaan anggrek vanda tricolor di lokasi yang jauh dari lereng merapi yang berlimpah membuat ancaman ini sedikit terkurangi.

Pesona anggrek vanda tricolor ini akan dirasakan pada saat berbunga dengan seluruh daun terlihat segar, ujung akar berkembang, dan bunga indah. Dalam satu pohon, bisa belasan tangkai bunga, yang pada umumnya muncul pada bulan September- Oktober. Namun demikian vanda Tricolor bisa berbunga di luar waktu tersebut. Bahkan Angrek vanda tricolor ini bisa berbunga sepanjang waktu dalam kondisi yang optimum. Anggrek Vanda tricolor memiliki bau yang khas terlebih di waktu pagi hari. Aroma harum ini akan lebih terasa jika vanda tricolor hidup di dataran tinggi, sedangkan di dataran rendah kurang kuat.

Varian Anggrek Vanda Tricolor

Vanda Tricolor memiliki beberapa varietas dengan berbagai ragam warna bunga yang menarik. Dari beberapa varietas Anggrek Vanda Tricolor tersebut memiliki persamaan bentuk tubuh dan bunga. Batang monopodial bisa mencapai tinggi hingga 2 meter dengan daun berbentuk pita agak melengkung dengan ujung daun berbentuk rompang bersudut tajam.

Perbedaan antar varian Anggrek Vanda Tricolor adalah pada warna bunga dan bentuk detail organ bunganya.varietas tricolor, var suavis ini memiliki tandan bunga lebih panjang sehingga bunganya juga lebih banyak. Dasar bunganya putih keunguan dengan bercak-bercak ungu kemerahan dan beraroma harum . Pada Anggrek Vanda tricolor var suavis ini memiliki tandan bunga lebih panjang sehingga bunganya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan varietas tricolor. Bunga Vanda Tricolor bisa bertahan selama 20-24 hari.
Berikut ini beberapa varian anggrek Vanda Tricolor :
1. Vanda tricolor var tricolor
2. Vanda tricolor var tricolor f. flava
3. Vanda tricolor var suavis
Varian vanda var suavis merupakan Vanda putih bertotol ungu kemerahan. Suavis berarti manis atau menyenangkan. Nama tersebut diberikan karena bunganya yang memiliki bentuk, warna dan keharuman khas yang “manis”. Beberapa varian dari Vanda Tricolor var Suavis ini ditemukan di beberapa daerah misalnya :
– Vanda tricolor var suavis dari Jawa Tengah
– Vanda tricolor var suavis dari Gunung Merbabu Jawa Tengah
– Vanda tricolor var suavis dari Gunung Sumbing Jawa Tengah
– Vanda tricolor var suavis dari Gunung Muria Jawa Tengah
– Vanda tricolor var suavis dari Gunung Putri Jawa Timur
– Vanda tricolor var suavis dari Bandung Jawa Barat
Sepala dan Petala lebih membulat bentuknya, warna latar belakang berwarna krem dengan totol warna maroon gelap dan labellum berwarna pink atau merah muda.
– Vanda tricolor var suavis Jawa Barat

4. Vanda tricolor var pallida

Merawat Anggrek Vanda Tricolor

Salah satu keunggulan dari vanda tricolor adalh sifatnya yang adaptif terhadap lingkungan baru, sehingga mudah dirawat di mana saja. Media tanam dari anggrek vanda tricolor juga bisa bervariasi. Di habitat aslinya anggrek ini banyak hidup menempel pada pohon-pohon. Untuk menanam anggrek vanda tricolor kita bisa memanfaatkan bonggol pakis, arang, kayu,sabut kelapa dan lain-lain.Lebih mudah lagi kalau kita cukup dengan melekatkannya pada batang pohon yang besar. Bahkan anggrek vanda tricolor ini bisa tumbuh baik dengan digantungkan pada pot tanpa media.

Kunci dari menanam anggrek vanda tricolor ini adalah akar selalu dalam kondisi lembab namun terjaga aliran udara yang lancar. Intensitas sinar matahari ideal adalah a 50-75 %, dengan proses aklimatisasi vanda tricolor bisa hidup dengan paparan matahari langsung. Intensitas cahaya diatas 80 % dapat menyebabkan permukaan daunnya menjadi kekuningan bahkan gosong dan pertumbuhan daunnya menjadi lebih pendek, akan tetapi jumlah tandan bunga yang dikeluarkan umumnya lebih banyak dan lebih sering berbunga.

Untuk pemupukan anggrek vanda tricolor bisa dilakukan melalui daun dan akar-akarnya dengan pupuk organik atau pupuk kimia. Namun lebih baik digunakan pupuk organik , misal dari fermentasi urine kelinci atau hewan ternak lain.

Kini anggrek vanda tricolor telah dikembangkan oleh para pembudidaya denga menyilangkannya dengan berbagai jenis anggrek lain. Hasilnyapun cukup menggembirakan dengan lahirnya varian anggrek baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *