Bunga Anggrek Hitam Kalimantan

AAORCHID — Nama ilmiahnya adalah Coelogyne asperata dan Coelogyne pandurata, namun orang banyak menyebut bunga anggrek yang satu ini dengan Anggrek Hitam Kalimantan atau Bunga Angrek Hitam Borneo. Padalah jika dilihat warna bunga maupun tanamannya tidaklah berwarna hitam seperti halnya bunga Anggrek After Dark. Coelogyne asperata dan Coelogyne pandurata banyak ditemukan di kawasan Kalimantan,Filipina,dan juga Myanmar.Warna Bunga putih dengan labelum berwarna coklat (aserata) dan hitam (pandurata). Namun keberadaan di habitat aslinya kini mulai terancam karena berkurangnya luas hutan. Sehingga anggrek hitam ini menjadi salah satu spesies tanaman yang dilindungi.


Anggrek Hitam Borneo ini banyak hidup secara epifit pada pohon-pohon di hutan namun terkadang ditemukan pula menempel pada batu-batu karang (lithofit), pada ketinggian 0- 1600 dpl. Dilihat dari habitat asalnya yang seperti itu, Anggrek Hitam Kalimantan ini cukup adaptif dibudidayakan pada berbagai tempat dari dataran rendah dan dataran tinggi.
Keindahan bunga anggrek hitam kalimantan ini begitu menawan, bunga berwarna putih kehijauan dengan labelum coklat/hitam dengan aroma yang harum terutama di pagi hari. Tanaman ini akan rajin berbunga saat sudah nyaman dengan lingkungannya.

Coelogyne Asperata Anggrek Hitam Kalimantan

Pengalaman saya, Anggrek hitam ini akan berbunga saat memang rumpunnya sudah siap berbunga tidak mengenal musim. Di awal-awal dulu anggrek hitam ini begitu susah berbunga, sekitar 5-6 tahun pertama Anggrek hitam ini berbunga setiap dua tahun sekali. Namun setelah menemukan tempat yang cocok dan berumpun besar, bisa berbunga setiap saat. Sayangnya keindahan anggrek hitam kalimantan ini hanya bisa dinikmati selama satu minggu saja. Setelah itu layu dan bekas bunga akan tumbuh daun dan bulb baru.

Merawat Anggrek Hitam Kalimantan

Anggrek hitam kalimantan atau Coelogyne Asperata ini suka pada tempat yang lembab lebih 50% namun memiliki suhu yang panas dan sinar matahari yang cukup banyak. De kebun kami Anggrek Hitam Coelogyne Asperata ini diletakkan pada tempat naungan dan tekena sinar matahari langsung, namun disekeliling ada pepohonan. Media yang digunakan adalah akar pakis yang sudah dicacah dan ditanam pada pot.

Anggrek Hitam Kalimantan


Perawatan anggrek Coelogyne Asperata/Pandurata ini cukup sederhana, dengan media dan tempat yang cocok tanaman anggrek akan tumbuh dengan baik. Pemupukan sebagai perawatan tambahan seperti anggrek lainnya, pemberian pupuk melalui penyemprotan daun ,batang dan akar dilakukan seminggu sekali. Penyakit yang sering saya alami adalah jamur pada daun yang ditandai dengan bercak-bercak coklat kemudian menyebar ke semua bagian daun. Solusinya adalah dengan memotong daun yang sudah terkena jamur dan menyemprotkan fungisida seminggu 1-2 kali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *