Anggrek Dendrobium Kelompok Spatulata

Dendrobium Stratiotes
Dendrobium Stratiotes

AAORCHID — Jika anda melihat bunga anggrek dengan mahkota dan kelopak yang melintir dan bergelombang itulah salah satu ciri dari kelompok Anggrek Dendrobium Spatulata. Ciri lain dari Dendrobium Spatulata adalah pada bagian mahkota dan kelopak yang menyerupai spatula atau sendok. Jenis Dendrobium kelompok spatulata inilah yang kini sedang naik daun di kalangan pecinta tanaman anggrek. Ada juga yang menyebut tanaman anggrek spatulata ini dengan Antelope atau anggrek kelinci, karena bunganya jika dilihat dari depan menyerupai antelope atau kelinci.

Anggrek kelompok Spatulata adalah kelompok anggrek yang terdiri dari 50 jenis dan tersebar dari utara di Philipina sampai ke selatan di Australia dan di Barat dari Pulau Jawa sampai ke Timur di kepulauan Samoa dengan pusat diversitasnya di Pulau New Guinea (Papua-Indonesia dan Papua New Guinea). Tidak heran jika kelompok anggrek spesies dari Spatulata ini banyak dijumpai di wilayah timur Indonesia.

Kelompok anggrek dendrobium spatulata ini merupakan tanaman anggrek yang sangat kuat dan bisa hidup dari panas hingga dingin . Dari berbagai spesies asli anggrek Spatulata ini dihasilkan anggrek hibrida dengan bunga-bunga yang indah dan berharga mahal. Sebagian dari jenis anggrek spatulata ini sudah mulai berkurang jumlahnya di habitat asal karena perburuan liar dan pengurangan luas hutan.

Macam -Macam Dendrobium Spatulata

Beberapa Jenis Anggrek dalam kelompok Spatulata ini antara lain :
1. Dendrobium antennatum

 

Dendrobium Antenneatum
Dendrobium Antenneatum

Anggrek Dendrobium Antennatum banyak ditemukan di Queensland Australia, Papua dan New Guinea, Kepulauan Solomon dan pulau-pulau sekitarnya. Tumbuh pada cabang-cabang pohon tinggi di hutan pantai, rawa bakau, savana, dan hutan hujan pada ketinggian di bawah 1200 meter. Memiliki spesies yang berukuran kecil hingga besar,  tumbuh dari tempat panas hingga sejuk. Anggrek ini  memiliki bunga-bunga yang panjang dan harum yang terjadi di musim panas. Kondisi lembab sepanjang tahun dengan cahaya terang cocok dengan tanaman ini.

2. Dendrobium bicaudatum

Banyak ditemukan di Maluku, Sulawesi dan Filipina sebagai lithophyte berukuran sedang, panas hingga hangat  . Hidup pada batuan dari permukaan laut sampai 1000 meter dengan bergerombol, seperti tebu,.

3. Dendrobium canaliculatum
4. Dendrobium carronii
5. Dendrobium cochlioides
6. Dendrobium conanthum
7. Dendrobium crispilinguum
8. Dendrobium d’albertisii
9. Dendrobium discolor
10. Dendrobium gouldii
11. Dendrobium hamiferum
12. Dendrobium helix

Dendrobium Helix
Dendrobium Helix

Dendrobium Helix memiliki Warna bunga yang cenderung coklat dengan labellum berwarna kuning dan sedikit warna putih di bagian tengahnya. Kelopaknnya melintir sehingga disebut juga dengan The Twisted Petal Dendrobium atau anggrek dengan petal yang melintir. Anggrek yang hidup di hutan papua ini mulai langka dan banyak digandrungi para pecinta anggrek. Dendrobium Helix memiliki bunga yang wangi menyegarkan dan bisa tahan hingga 3 bulan karena kelopak bunga tebal dan mengkilap seperti dilapisi dengan lilin. Tentunya dengan tidak terkena air hujan atau air siraman.

13. Dendrobium johannis
14. Dendrobium lasianthera
15. Dendrobium laxiflorum
16. Dendrobium lineale
17. Dendrobium leporinum
18. Dendrobium macranthum
19. Dendrobium magistratus
20. Dendrobium mirbelianum
21. Dendrobium musuangense
22. Dendrobium nindii
23. Dendrobium pseudoconanthum
24. Dendrobium soriense
25. Dendrobium stratiotes

Dendrobium Stratiotes
Dendrobium Stratiotes

Ditemukan di bagian barat New Guinea, Maluku (Halmaheira dan Morotai), Kepulauan Sunda dan Sulawesi pada ketinggian lebih rendah sebagai menengah hingga besar, panas hingga hangat tumbuh epifit dengan bergerombol

26. Dendrobium strebloceras
27. Dendrobium strepsiceros
28. Dendrobium sylvanum
29. Dendrobium tangerinum
30. Dendrobium taurinum
31.Dendrobium trilamellatum,
32. Dendrobium violaceoflavens
33. Dendrobium wulaiense
34. Dendrobium sutiknoi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *