Dendrobium Secundum Si Anggrek Sikat

AAORCHID — Bentuk bunga anggrek yang satu ini sedikit berbeda dengan kebanyakan bunga anggrek. Meski batang dan daun dari Dendrobium ini mirip dengan anggrek Dendrobium yang lain, namun bunga akan muncul pada pucuk batang (pseudobulb) yang sudah rontok daunnya. Makanya jika mendapati anggrek ini rontok daunnya jangan buru-buru dipotong untuk diperbanyak atau dibuang. Bentuk bunga bisa dikatakan mirip dengan sikat sehingga banyak orang menyebut Dendrobium Secundum ini dengan Anggrek Sikat.

Dendrobium-Secundum
Dendrobium Secundum

Dendrobium secundum merupakan anggrek spesies yang banyak menempati hutan-hutan di Indonesia.Dalam klasifikasi anggrek Dendrobium Secundum termasuk dalam section Pedilonum. Penyebarannya meliputi pulau Jawa,Kalimantan,Sumatera,Sulawesi dan juga negara -negara lain seperti Malaysia, Philipina,Thailan, Pulau Andaman dan Indo-China. Pertumbuhan anggrek Dendrobium Secundum ini di daerah panas hingga hangat.

Ada dua macam warna bunga dari Dendrobium Secundum ini yaitu merah dan putih ( Secundum Alba ). Dendrobium Secundum memiliki ukuran bunga dengan panjang sekitar 1.8 cm dan lebar 0.6 cm, dengan sepal tengah panjangnya hanya 7 mm dan lebarnya sekitar 4 mm, dengan petal yang sempit dan bibir seperti taji membentuk huruf V. Bentuk bunga menyerupai sikat membuat tampilan Dendrobium secundum ini sangat eksotis.

Dendrobium Secundum Alba
Dendrobium Secundum Alba

Perawatan Dendrobium Secundum

Pada masa vegetatif, Dendrobium Secundum memerlukan temperatur agak tinggi, kelembaban,luminositas dan penyiraman secara teratur. Untuk penanaman pada media pot pemberian air kembali saat media sudah kering. Selain itu Dendrobium Secundum memerlukan sirkulasi udara yang baik dan konstan. Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan seperti anggrek jenis yang lain, satu minggu sekali melalu semprot daun ,batang dan akar.

Penanaman Anggrek Dendrobium Secundum ini bisa menggunakan pot, akar pakis, batang kayu dan bisa ditempel pada pohon. Untuk tanaman anggrek Dendrobium secundum yang baru datang bisa ditempatkan pada lokasi kering, hilangkan akar-akar yang mati,buang daun-daun yang mulai menguning. Selanjutnya gantung dalam beberapa hari agar anggrek beradaptasi dengan lingkungan baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *