Anggrek Dendrobium Moschatum

AAORCHID — Anggrek spesies yang satu ini memiliki pesona yang sangat menawan dan banyak menjadi buruan kolektor anggrek. Nama Anggrek Dendrobium Moschatum disematkan karena aroma Musk yang dikeluarkannya pada saat bunga mekar. Warna kuning-oranye dari bunga anggrek Dendrobium Moschatum ini memberi kesan ceria dan membangkitkan semangat yang melihatnya. Jumlah tangkai dari dendrobium Moschatum ini cukup banyak,bisa lebih dari 20 kuntum setiap tangkainya. Ditambah lagi jika tanaman sudah berukuran jumbo dalam satu rumpun bisa muncul banyak tangkai anggrek yang membuatnya makin menawan.

Anggrek dendrobium Moschatum selain memiliki kelebihan tersebut, memiliki karakter tanaman yang bisa tumbuh memanjang, batangnya bisa lebih satu meter panjangnya. Karena itu Anggrek Dendrobium Moschatum cocok untuk ditanam pada batang pohon tua atau pada pot yang berukuran besar.

Dendrobium Moschatum
Dendrobium Moschatum

Di habitat aslinya Dendrobium Moschatum bisa hidup sebagai tanaman ephifit (menumpang di pohon) dan juga sebagai tanaman lytofit (menempel di bebatuan). Dendrobium Moschatum memiliki penyebaran dari Himalaya barat, Himalaya timur, Assam, Bangladesh, India bagian bawah, Nepal, Bhutan, Sikkim, Myanmar, Hainan China, Thailand, Laos, Indonesia dan Vietnam. Banyak hidup di hutan terbuka di batang pohon dengan ketinggian sekitar 300 hingga 900 meter.

Karakter dari dendrobium Moschatum ini bisa hidup di tempat yang teduh hingga full sun. Namun warna bunga akan lebih cerah jika hidup di tempat yang memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Pada tempat yang cukup sinar matahari batang dan daun lebih tebal dan kokoh. Pada tempat yang teduh dendrobium moschatum nampak pucat dan kurang kokoh. Karakter lain Dendrobium Moschatum memerlukan sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik mempercepat pembentukan tunas baru dan aman dari serangan jamur. Karakter lain adalah anggrek ini suka ditempatkan pada lokasi yang tetap dan tidak dipindah-pindah.

Sayangnya keindahan dari bunga Dendrobium Moschatum ini hanya bisa dinikmati selama kurang lebih satu minggu dan berbunga secara musiman, biasanya pada peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Namun pada anggrek Dendrobium Moschatum yang sudah cukup umur bisa berbunga sepanjang tahun.

Perkembangbiakan Dendrobium Moschatum

Kebanyakan perkembangbiakan dendrobium Moschatum adalah melalui keiki, meskipun dari biji juga sudah banyak yang melakukannya. Cara mudah menumbuhkan keki Dendrobium Moschatum adalah sebagai berikut :
– Cari batang (pseudo bulb) yang sudah tidak berdaun namun masih segar.
– Patahkan batang tersebut namun tidak sampai lepas
– Pada buku-buku batang terdapat calon mata tunas, secara alami akan muncul keki dari situ. Namun untuk mempercepat bisa diolesi obat perangsang tunas yang dijual di pasaran. Bisa juga diolesi dengan bawang merah yang sudah digerus halus.
– Setelah keki tumbuh dan cukup akar bisa dipindahkan pada pot atau ditempel di kayu, papan pakis dan media lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *