Anggrek Dendrobium Rambo

AAORCHID — Pertama kali melihat penampakan bunga anggrek dendrobium yang yang satu ini langsung terpukau dengan keindahannya. Kelopak bunga melintir dengan perpaduan warna kuning dan coklat membuat Dendrobium Rambo ini makin menawan. Anggrek Dendrobium yang satu ini merupakan anggrek hibrid dengan indukan yang berasal dari silangan Dendrobium Doctor Uthai X Dendrobium Ly. Diregister oleh N.Buranaraktham pada 31 Agustus 2011 lalu. Seperti halnya anggrek hybrid lainnya varian bunga dari Dendrobium Rambo ini cukup beragam yang masing-masing memiliki keunikakan tersendiri.


Karakter dari Anggrek Dendrobium Rambo ini menurun dari nenek moyang anggrek ini, dimana Indukannya Dendrobium Doctor Uthai dan Dendrobium Ly ini juga anggrek hybrid. Dendrobium Doctor Uthai adalah Dendrobium silangan Lowana Nioka dan Goldenhill sedangkan Dendrobium Ly adalah hasil silangan dari Dendrobium Black Spider dan Dendrobium Helix. Nah Dendrobium Lowana Nioka, Goldenhill dan Dendrobium Black Spider juga Dendrobium Hybrid. Dendrobium Rambo ini adalah sudah anggrek hybrid ke sekian kali. Bikin bingung kan jika mau dirunut nenek moyang Dendrobium Rambo ini ? Untuk memudahkan silahkan lihat gambar skema nenek moyang dari Dendrobium Rambo ini.

Bagan Asal Muasal Dendrobium Rambo, sumber : http://www.orchideya.ca/

Karakter dari Dendrobium Rambo ini masih banyak dipengaruhi oleh nenek moyangnya, dimana sifat paling besar muncul dari Dendrobium Helix sebanyak 25%, kemudian Dendrobium Schulleri 18.75% , Gouldii, Canaliculatum,Antennatum masing-masing menurun sebanyak 12.50% , Lineale 6.25 % selebihnya Dendrobium lainnya dengan prosentase yang lebih kecil.


Perawatan Dendrobium Rambo
Seperti Dendrobium Spatulata jenis lainnya, Dendrobium Rambo menyukai sinar matahari yang cukup banyak dan suhu tinggi. Termasuk anggrek yang adaptif terhadap lingkungan. Media tanam berupa arang,akar pakis, atau ditempel pada kayu. Pemupukan dan pengendalian hama juga relatif sama dengan anggrek lain.
Karakter lainnya seiring bertambahnya usia anggrek Dendrobium Rambo akan muncul jumlah bunga yang semakin banyak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *