Anggrek Dendrobium Sylvanum

AAORCHID — Anggrek Dendrobium Sylvanum merupakan salah satu jenis anggrek spesies yang keberadaannya di alam bebas sudah mengalami penurunan. Dendrobium Sylvanum banyak ditemukan di daerah Papua Nugini, Papua, New Ireland, Bouganville dan juga Kepulauan Solomon . Di habitat aslinya Anggrek Dendrobium Sylvanum hidup di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 80 meter dari permukaan laut yang berhawa panas. Karena itu karakter dari Anggrek Dendrobium Sylvanum ini mudah hidup pada daerah panas bahkan terkena matahari langsung (full sun).

Anggrek Dendrobium Sylvanum merupakan anggrek dari section Spatulata, yang memiliki bunga melintir dan tahan lama. Warna bunganya coklat muda dengan garis-garis berwarna coklat tua di sepal petalnya sedangkan pada bagian labellum berwarna putih. Namun ada varian lain dari Anggrek Dendrobium Sylvanum ini yang berwarna kuning yang dikenal dengan Dendrobium Sylvanum Flava. Varian Sylvanum Flava ini lebih sedikit ditemukan dibandingkan Dendrobium Sylvanum yang biasa. Tidak heran harga anggrek dendrobium sylvanum flava ini lebih mahal.

Untuk ukuran bunga dari Dendrobium Sylvanun ini cukup besar pada seksi spatulata berkisar pada lebar bunga 5 – 6 cm dengan jumlah bunga bisa mencapai 30-40 kuntum setiap tangkainya. Tinggi Pohon anggrek Dendrobium Sylvanum ini berkisar 15 sampai 30 cm. Perawatan Dendrobium ini cukup mudah apalagi di kota-kota yang berhawa panas, Anggrek Dendrobium Sylvanum bisa tumbuh dengan baik.

Dendrobium Sylvanum memiliki beberapa persamaan nama antara lain :
Dendrobium kennedyi Schltr. 1921;
Dendrobium robustum Rolfe 1895;
Dendrobium validum Schltr. 1905;
Dendrobium warianum Schltr. 1912;
Durabaculum kennedyi (Schltr.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002;
Durabaculum sylvanum (Rchb.f.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002;
Durabaculum validum (Schltr.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002;
Durabaculum warianum (Schltr.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002
Grastidium sylvanum (Rchb.f.) Rauschert 1983

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *