Anggrek Dendrobium Larat

AAORCHID – Bunga anggrek berbentuk kupu-kupu dengan warna ungu muda dengan kombinasi warna putih ini merupakan anggrek species dari pulau Larat, Kepulauan Tanimbar Maluku. Meski demikian penyebaran anggrek Dendrobium Larat ini sekarang sudah menjangkau banyak wilayah Indonesia. Setidaknya kami sering menjumpai Anggrek Dendrobium Larat ini tumbuh “liar” di pohon-pohon pekarangan warga di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meski demikian di pulau Larat sendiri keberadaan Anggrek ini konon jumlahnya sudah semakin sedikit.

Bunga Anggrek Dendrobium Larat

Para ahli tanaman memesukkan Dendrobium Larat dalam kategori Dendrobium Bigibbum, lebih tepatnya Dendrobium Biggibum Var. Schroederianum. Keluarga dari Dendrobium Biggibum sendiri banyak ditemukan pula di kawasan Queensland Australia dan Papua Newgini. Bisa difahami karena Pulau Larat, PNG dan Australia memiliki kedekatan secara geografis.

Dikutip dari Wikipedia, para ahli mengelompokkan Dendrobium Larat ini (lebih tepatnya Dendrobium Biggibum) dalam empat varietas yang  diakui oleh  World Checklist of Selected Plant Families (WCSP), yaitu :

1. Dendrobium bigibbum var. bigibbum,  the mauve butterfly orchid, that has a white spot in the centre of the labellum and occurs at low altitudes on Cape York Peninsula, some Torres Strait Islands and southern New Guinea

2. Dendrobium bigibbum var. compactum, (C.T.White) Peter B.Adams[11] a lithophyte with a narrow distribution at an elevation of 250 m (800 ft) in the wet tropics

3. Dendrobium bigibbum var. schroederianum (Rchb.f. ex W.Watson) Peter B.Adams[12] that has variably coloured flowers and only grows on Larat Island in the Tanimbar group

4. Dendrobium bigibbum var. superbum, Rchb.f.[13] the Cooktown orchid, that has the largest flowers in the group but which lack the white spot in the centre of the labellum and occurs between Cooktown and Mount Molloy.

Sejarah Penamaan Dendrobium Biggibum

Sering pula penamaan anggrek dendrobium Larat ini dengan Dendrobium Phalaenopsis. Penamaan Dendrobium bigibbum var. phalaenopsis diberikan pada tahun 1883 oleh Manson Bailey, didasarkan pada penamaan Robert D. FitzGerald’s Dendrobium phalaenopsis.

Pada tanggal 19 November 1959, the Cooktown Orchid (Dendrobium bigibbum var. phalaenopsis) dinobatkan sebagai floral emblem of Queensland. Namun pada pada tahun 2015 Peter Adams mengurangi penamaan yang diberikan Fitzgerald yaitu D. phalaenopsis sebagai persamaan dariD. bigibbum var. superbum and dan ini diterima WCSP. Adams juga menyederhanakan penamaan dari  David Jones  yaitu Vappodes lithocola sebagai sinonim dari D. bigibbum var. Compactum. Kemudian untuk D. phalaenopsis var. compactum menjadi  D. bigibbum var. Compactum. Untuk D. striaenopsis merupakan persamaan dari D. bigibbum var. Schroederianum. Sehingga kini penamaan dari Dendrobium Biggibum ini praktis hanya menjadi 4 varian saja.

Karakter Anggrek Dendrobium Larat

Sebenarnya anggrek Dendrobium Larat ini merupakan anggrek tahan banting dan memiliki tingkat adaptasi yang baik. Dia bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh ataupun full rain full sun, bisa ditanam dengan berbagai media mulai dari pot, ditempel di kayu, pohon hidup dan lain-lain. Mereka bisa tumbuh baik dan rajin berbunga. Sering kam menjumpai anggrek ini menempel pada batang kayu hidup tanpa perawatan sama sekali, ketika musim kemarau kering seperti mati namun setelah hujan tiba, bulb baru bermunculan dengan suburnya. Saat berbunga , bunganya ramai dan menyejukkan pandangan mata.

Karakter lain anggrek dendrobium Larat ini adalah mudahnya muncul keki atau anakan pada batang-batang anggrek tua sehingga mudah ditangkarkan. Selain itu penyerbukan alami juga mudah terjadi sehingga setelah selesai berbunga banyak ditemukan biji-biji anggrek Dendrobium larat ini. Cukup memprihatinkan jika di Pulau Larat Anggrek ini semakin langka padahal cukup mudah berkembang biak.

Cara Menanam Anggrek Dendrobium Larat

Anggrek Larat Ditanam Pada Kayu

Kami sendiri menanam Anggrek Dendrobium Larat ini dengan ditempel pada kayu mati tanpa peneduh sama sekali atau Full Sun Full Rain. Tanaman yang ditanam berasal dari keki indukan Dendrobium Larat yang menempel di pohon. Penempelan pada kayu dengan ditutupi sabut kelapa pada bagian akar dengan maksud membantu akar selalu lembab. Karena pada saat penanaman kondisi sedang musim kemarau dan kering. Saat musim kemarau diperlukan penyiraman setiap hari untuk menjaga anggrek tetap segar, namun jika terpaksa tidak disiram masih cukup tahan. Saat musim penghujan penyiraman tidak diperlukan lagi, justru dengan air hujan tanaman akan tumbuh dengan pesat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *