Merawat Anggrek Dendrobium Canaliculatum

AAORCHID — Jenis anggrek dendrobium yang satu ini memiliki bentuk batang yang unik dan sedikit berbeda dengan anggrek dendrobium lainnya. Masuk dalam seksi Anggrekdendrobium Spatulata, sudah pasti bunganya cantik dan menawan. Orang bilang bahwa merawat anggrek Canaliculatum ini lebih sulit. Namun begitu bukan berarti tidak bisa dibudidayakan di kebun kita. Dengan mengetahui karakter dan habitat asal dari anggrek dendrobium Canaliculatum ini , bisa hidup dengan baik dan berbunga indah di kebun.

Habitat Asli Anggrek Dendrobium Canaliculatum
Anggrek Dendrobium Canaliculatum banyak ditemukan di kawasan Australia, Papua Nuew Guinea dan Papua. Banyak hidup di pepohonan dengan cahaya matahari yang terang, suhu panas dan cenderung kering. Di habitat asli Anggrek dendrobium Canaliculatum ini banyak dijumpai pada ketinggian 500 meter dpl.

Dendrobium Canaliculatum


Ada beberapa nama yang diberikan pada dendrobium Canaliculatum ini antara lain : Callista canaliculata (R. Br.) Kuntze 1891; Callista foelschei (F. Muell.) Kuntze 1891; Callista tattoniana Kuntze 1891; Cepobaculum canaliculatum (R.Br.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002; Cepobaculum foelschei (F.Muell.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002; Cepobaculum tattonianum (Bateman ex Rchb.f.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002; Dendrobium canaliculatum var. foelschei (F.Muell.) Rupp & T.E.Hunt 1948; Dendrobium canaliculatum var. nigrescens Nicholls 1942; Dendrobium canaliculatum var. pallidum Dockrill 1956; Dendrobium canaliculatum var. tattonianum (Bateman ex Rchb.f.) Rchb.f. 1865; Dendrobium foelschei F. Mueller 1882; Dendrobium tattonianum Bateman 1865.


Perawatan Anggrek Dendrobium Canaliculatum

Agar Anggrek dendrobium Canaliculatum ini bisa tumbuh dengan baik di kebun kita, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Media Tanpa Kompos, media tanamn dan akar yang tidak aktif biasanya menjadi lapuk dan menjadi bahan kompos. Proses penguraian bahan organik yang menjalar di sekitar tanaman sangat tidak disukai oleh Dendrobium Canaliculatum, sehingga media tanam harus bersih dari bahan kompos.
    Biasanya media dicampurkan dengan bahan anorganik, misalnya kerikil dan batu-batuan. Namun perlu dilakukan penyiraman secara intensif. Meski anggrek dendrobium Canaliculatum ini menyukai tempat kering bukan berarti harus kurang air. Air sangat diperlukan saat fase vegetatif terutama, sehingga potensi pertumbuhan bisa maksimal. Yang penting media jangan sampai becek dan terlalu lembab karena akan mematikan tanaman.

  • Media tanam yang ditempatkan pada pot memerlukan penggantian dengan frekuensi yang lebih sering, karena untuk mengurangi adanya kompos dan sisa-sisa media yang membusuk.
  • Udara yang segar dan mengalir
    Untuk menunjang hal ini perlu dipastikan media tanam tidak padat, tidak tersumbat dan ada pertukaran udara yang baik. Lebih baik lagi jika anggrek Dendrobium Canaliculatum ditanam pada kayu keras atau batang pohon. Penyiraman pada media dilakukan dengan semprot ang kuat, sehingga akr-akar mati jatuh dan tidak menjadi kompos di dekat tanaman, sehingga lebih aman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *