Mengenal Fungisida Untuk Tanaman Anggrek

AAORCHID — Bunga Anggrek seperti tanaman lainnya bisa mengalami kondisi sakit dan terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman bunga anggrek adalah jamur atau fungal diseases. Serangan jamur pada tanaman bunga anggrek tidak jarang menimbulkan kematian. Sekilas mata sudah tidak ada indikasi penyakit namun terkadang spora jamur masih menempel pada tanaman anggrek sehingga suatu saat akan muncul kembali.


Penyakit Jamur pada tanaman anggrek biasanya akan menyerang dan mengakibatkan efek yang parah jika lingkungan hidup jamur sangat mendukung. Beberapa keadaan lingkungan yang kondusif untuk tumbuhnya jamur antara lain : kelembaban tinggi, kurang sinar dan sirkulasi udara yang kurang bagus. Untuk menanggulangi serangan jamur pada tanaman anggrek adalah dengan menciptakan lingkungan yang baik untuk tanaman anggrek dan memberikan obat tanaman berupa Fungisida apabila terlanjur terkena penyakit jamur.

Fungisida Anggrek
Tanaman Anggrek Yang Terserang Penyakit Jamur

Lalu Fungisida apa yang bagus untuk tanaman anggrek ? Jawabannya bisa relatif, karena ada berbagai macam jenis jamur yang menyerang anggrek. Masing-masing fungisida memiliki bahan aktif yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya semua fungisida bagus, hanya perlu disesuaikan saja.

Jenis-Jenis Fungisida Berdasarkan Cara Kerjanya
Berdasarkan cara kerjanya Fungisida terdiri atas :

  1. Fungisida Fungisida Kontak
    Fungisida kontak adalah fungisida atau obat jamur pada tanaman yang hanya bekerja pada bagian yang terkena semprotan saja . Dengan kata lain hanya pada bagian yang kontak langsung dengan larutan fungisida yang akan terkena efeknya. Fungisida kontak tidak dapat menembus jaringan tanaman dan tidak dapat didistribusikan didalam jaringan tanaman.
  2. Fungisida Sistemik
    Fungisida sistemik adalah jenis fungisida yang apabila disemprotkan ketanaman akan diserap dan didistribusikan keseluruh bagian tanaman melalui jaringan tanaman.
  3. Fungisida kontak sekaligus Sistemik
    Jenis fungisida ini mampu bekerja secara ganda, yaitu bekerja secara kontak sekaligus bekerja secara sistemik.

Untuk dipakai pada tanaman Anggrek kita bisa memilih fungisida kontak maupun fungisida sistemik. Di pasaran juga tersedia berbagai macam fungisisa misalnya Antracol, Acrobat,Dithane, Bivrotex dan lain sebagainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *